Myspace Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

 

SEMANGAT PAGI teman – teman !!!!

Melanjutkan postingan sebelumnya pada Merancang Jaringan Small Office , kali ini saya akan membahas setting konfigurasi perangkatnya.

1. Langkah awal buat desain jaringan seperti berikut.

2. Klik pada router0, dan masuk tab CLI. Set konfigurasi seperti dibawah.

Lantai 2 menggunakan network 20.20.20.0/27 dan terhubung melalui interface fast ethernet 0/1

Lantai 1 menggunakan network 10.10.10.0/27 dan terhubung melalui interface fast ethernet 0/0

line vty 0 4 = diset agar router dapat ditelnet, “0 4” menunjukan berapa maksimal telnet yang dapat dilakukan secara bersamaan.

enable secret cisco = apabila kita akan masuk ke enable, akan diminta password. Dan password yang telah diset adalah “cisco”

no shut = digunakan untuk menghidupkan interface tersebut.

3. Set IP pada End Device (PC dan Printer) berada dalam satu network yang sama, dan gateway menggunakan IP pada interface router yang terhubung.

4. Apabila jumlah host banyak, tentunya cukup merepotkan untuk mengeset IP satu persatu pada end device. Untuk itu kita bisa menconfig router agar berperan sebagai DHCP sever. Sebagai contoh kita akan mengkonfigurasi interface yang berada di lantai 2.

5. Masuk ke IP configuration end device dan pilih DHCP. Tunggu beberapa saat dan PC akan mendapatkan IP dari router.

6. Selanjutnya lakukan konfigurasi pada Access Point, kondisikan AP untuk mendapat IP DHCP pada router. Set IP address AP yang satu jaringan dengan network yang berada di lantai 2. Matikan fungsi DHCP server pada AP, karena end device yang terhubung ke AP telah mendapat DHCP dari router yang telah dikonfigurasi sebelumnya. Lalu klik save setting. Seperti gambar dibawah ini

7. Setting end device wireless agar bisa terkoneksi ke AP

  •     Pilih laptop, lalu ganti module menjadi wireless card. Agar modul bisa diganti matikan power laptop terlebih dahulu.

  •    Klik tab Desktop, dan pilih PC Wireless lalu klik connect. Akan muncul SSID dari AP lalu klik connect. Bila telah terjadi koneksi maka akan muncul keterangan “Adapter is Active”

8. Untuk memastikan apakah semua jaringan terkoneksi, lakukan tes ping dari Laptop ke printer / PC yang berada dalam network yang sama dan network berbeda.

Sekian dulu sedikit penjelasan dalam melakukan konfigurasi perangakat pada Cisco Packet Tracer, semoga bermanfaat dan memberi sedikit pencerahan buat semua😀