Dalam postingan sebelumnya udah dibahas mengenai cara instalasi dan penggunaan awal network view, pada kesempatan kali ini ane bakal bahas mengenai fitur – fitur yang dimiliki oleh network view.

Selain bisa untuk mengetahui siapa saja yang terkoneksi dengan jaringan kita, software ini juga memiliki fitur – fitur lain. Yaitu.

1. VNC (Virtual Network Computing)

Merupakan software yang digunakan untuk meremote komputer lain. Kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan, sehingga kita dapat mengendalikan suatu komputer dari jarak jauh melalui komputer lain.

2. Netmeeting

adalah perangkat lunak (software) yang dimiliki oleh windows, bisa digunakan untuk chatting, call, share program, whiteboard, transfer files.

3. Telnet (Telecommunication Network)

protokol jaringan yang digunakan di internet atau jaringan lokal, menyediakan komunikasi dua arah berbasis teks atau terminal emulator antara client dan server. Dengan kata lain, Telnet memungkinkan kita untuk mengendalikan, memberi perintah, menjalankan perintah, merubah konfigurasi, meremote komputer lain (server) melalui komputer di depan meja kita sendiri (client). http://alweecomputer.com/2012/06/02/sekilas-tentang-telnet.html

4. FTP (File Transfer Protokol)

adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file). http://aminudin.net/ftp-server/

5. PING

adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengecek apakah suatu alamat tersebut sudah terkoneksi ke jaringan. Apabila sudah terkoneksi akan muncul kata “reply” dan apabila muncul kata “request time out” atau “destination host unreachable” itu artinya belum terjadi koneksi antara komputer kita dengan alamat tujuan. Paket yang dikirim akan adalah ICMP (Internet Control Message Protocol).

6. MIB Browser (Management Information Base)

Tool yang digunakan untuk mengatur device jaringan SNMP yang tersedia, memberikan kemudahan untuk mengeluarkan permintaan MIB untuk mendapatakan data agen atau membuat perubahan pada agen yang bersangkutan.

7. WMI Browser (Windows Management Instrumentation)

sistem operasi Microsoft Windows. WMI bukan hanya sebuah komponen tapi merupakan teknologi inti dan standar untuk pengelolaan Windows. WMI menjadi dasar dalam pemantauan dan pengontrolan yang konsisten dan seragam dalam pengelolaan sistem secara keseluruhan di dalam lingkungan Windows. WMI memungkinkan administrator sistem untuk menarik data, merubah dan memantau konfigurasi pada desktop dan server, aplikasi-aplikasi, jaringan dan komponen-komponen lainnya. Pada penerapannya, seorang programer dapat membuat sebuah program aplikasi dengan memanfaatkan WMI Scripting Library untuk bekerja dengan objek-objek WMI guna membuat berbagai perangkat manajemen dan monitor sistem. http://www.tobuku.com/docs/MAI01-Mengenal%20Windows%20Management%20Instrumentation.pdf

Nah itu tadi fitur – fitur yang disediakan oleh Network View, silahkan dicoba sendiri gan biar lebih mantep dan jelas😀