Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai physical dan logical workspace. Packet Tracer menggunakan dua skema representasi untuk jaringan Anda: Logical Workspacedan Physical Workspace. Logical Workspace memungkinkan Anda untuk membangun topologi jaringan logis, tanpa memperhatikan skala fisik dan pengaturan. Physical Workspace memungkinkan Anda untuk mengatur perangkat fisik di kota-kota, bangunan, dan lemari kabel. Jarak dan ukuran fisik lainnya akan mempengaruhi kinerja jaringan dan karakteristik lain jika ada koneksi nirkabel yang digunakan. Pada Packet Tracer, pertama anda membangun jaringan logical anda, dan kemudian anda dapat mengaturnya dalam Physical Workspace. Sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan bekerja di Logical Workspace. Uji koneksi jaringan seperti ping dan pengiriman paket hanya bisa dilakukan di Logical Workspace.

1. Buat konfigurasi seperti biasa, yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

2. Set background pada logical workspace, dengan cara klik pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.

3. Akan muncul dialog box seperti berikut, kemudian klik browse, pilih lokasi gambar, klik open, lalu klik apply.

4. Apabila berhasil, background akan berubah seperti di bawah ini. Atur perangkat agar sesuai dengan penempatan pada kondisi real sesuai dengan denah yang telah disiapkan.

5. Selanjutnya kita akan bekerja pada physical workspace. Klik pojok kiri atas seperti berikut.

6. Maka workspace akan berpindah dari logical workspace ke physical workspace. Misal anda ingin membangun jaringan di kantor, maka anda bisa memilih corporate office sebagai workspace, klik seperti gambar di bawah. Gambar lingkaran di bawah ini merupakan coverage area dari access point yang anda konfigurasi pada logical workspace.

7. Anda juga dapat mengganti background pada workspace corporate office, dengan cara yang sama pada saat berada pada logical workspace.

8. Kemudian sesuaikan kebutuhan perangkat dengan ruangan yang ada. Apabila anda ingin menyatukan seluruh perangkat dari setiap ruangan , anda dapat membuat closet baru. Dengan klik toolbar new closet.

9. Klik new closet yang telah dibuat, maka akan berpindah pada dalam closet dan akan terdapat perangkat yang telah kita buat di logical workspace.

10. Atur perangkat sesuai dengan tiap ruang yang telah kita rencanakan sebelumnya, klik move object lalu klik perangakat yang akan kita pindah dan pilih tempat tujuan perangkat itu dipindah.

11. Inilah contoh hasil setelah diatur sedemikian rupa.

Demikian sedikit gambaran bila teman – teman ingin memaksimalkan logical dan physical workspace pada packet tracer. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba. Terima kasih sudah membaca, SEMANGAT !!!